Nabila, Putri Wulandari and Rudibyani, Ratu Betta and Emmawaty Sofia, ES Efektivitas Media E-Book untuk Meningkatkan Motivasi dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 8 (3). pp. 482-494. ISSN ISSN: 2302-1772

[img] Text
19066-45782-1-PB.pdf

Download (773kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran menggunakan media e-book untuk meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa pada materi titrasi asam basa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Peningkatan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa diukur dari rata-rata nilai n-Gain motivasi belajar maupun penguasaan konsep siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan media e-book. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-Gain motivasi belajar maupun penguasaan konsep siswa yang dilakukan pembelajaran dengan media e-book berbeda secara signifikan dengan rata-rata nilai n-Gain yang dalam pembelajarannya tidak menggunkan media e-book. Motivasi belajar dan penguasaan konsep titrasi asam basa berpengaruh “besar” pada pembelajaran dengan media e-book Maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi dan penguasaan konsep siswa pada materi titrasi asam basa dapat ditingkatkan secara efektif dengan pembelajaran menggunakan media e-book. Kata kunci: e-book, motivasi, penguasaan konsep, titrasi asam basa

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: EMMAWATY S
Date Deposited: 18 May 2020 05:36
Last Modified: 18 May 2020 05:36
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/19932

Actions (login required)

View Item View Item