Nabila, Putri Wulandari and Rudibyani, Ratu Betta and Emmawaty Sofia, ES Efektivitas Media E-Book untuk Meningkatkan Motivasi dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 8 (3). pp. 482-494. ISSN ISSN: 2302-1772
|
Text
19066-45782-1-PB.pdf Download (773kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran menggunakan media e-book untuk meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa pada materi titrasi asam basa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Peningkatan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa diukur dari rata-rata nilai n-Gain motivasi belajar maupun penguasaan konsep siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan media e-book. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-Gain motivasi belajar maupun penguasaan konsep siswa yang dilakukan pembelajaran dengan media e-book berbeda secara signifikan dengan rata-rata nilai n-Gain yang dalam pembelajarannya tidak menggunkan media e-book. Motivasi belajar dan penguasaan konsep titrasi asam basa berpengaruh “besar” pada pembelajaran dengan media e-book Maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi dan penguasaan konsep siswa pada materi titrasi asam basa dapat ditingkatkan secara efektif dengan pembelajaran menggunakan media e-book. Kata kunci: e-book, motivasi, penguasaan konsep, titrasi asam basa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | EMMAWATY S |
Date Deposited: | 18 May 2020 05:36 |
Last Modified: | 18 May 2020 05:36 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/19932 |
Actions (login required)
View Item |