Fitriani, Aqmarani Adzani and Rosilawati, Ila and Diawati, Chansyanah Efektivitas Model Pembelajaran POGIL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Garam Menghidrolisis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 8 (2). pp. 255-268. ISSN ISSN: 2302-1772

[img] Text
18921-43440-1-PB.pdf

Download (592kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi garam menghidrolisis. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA salah satu SMA di Lampung Selatan. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain kemampuan pemecahan masalah yang diterapkan model pembelajaran POGIL lebih tinggi daripada rata-rata n-gain kemampuan pemecahan masalah dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran POGIL efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi garam menghidrolisis. Kata Kunci: garam menghidrolisis, kemampuan pemecahan masalah, model POGIL.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: ILA ROSILA
Date Deposited: 06 May 2020 03:32
Last Modified: 06 May 2020 03:32
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/19486

Actions (login required)

View Item View Item