Anggraini, Gian Fitria (2019) KELEKATAN GURU DAN MOTIVASI MEMBACA. In: SEMNAS PG PAUD UNILA "TREND, ISSUE dan Inovasi Pembelajaran Berbasis Sustainable Development Goals", 3 November 2019, Bandar Lampung. (Unpublished)

[img] Text
Makalah semnas Paud (gian 2019).docx

Download (29kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan minimnya kelekatan guru yang terbentuk terutama dalam mengembangkan minat baca. Melalui pendekatan survey, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kondisi kelekatan atau attachment antara guru dan anak serta motivasi membaca. Sampel diambil secara acak, yang terdiri dari 57 siswa kelas 3 Sekolah Dasar dan dua orang guru.Teknik pengumpulan data yang akan digunakan berupa angket. Adapun data dianalis melalui statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi membaca siswa berdasarkan persepsi siswa termasuk kategori sedang (40%), sedangkan berdasarkan persepsi guru termasuk kategori rendah (82.45%). Kelekatan positif yang terjadi termasuk pada kategori rendah (63.15%), sednagkan untuk kelekatan negatif termasuk kategori rendah (78.9%). Guru perlu membangun kelekatan yang positif terutama dalam meningkatkan motivasi membaca siswa. Kata kunci: kelekatan, guru, motivasi membaca

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Depositing User: GIAN FITRI
Date Deposited: 19 Nov 2019 05:21
Last Modified: 19 Nov 2019 05:21
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/17061

Actions (login required)

View Item View Item