Setiyadi, Ag. Bambang (2014) Penelitian Tindakan untuk Guru dan Mahasiswa. In: Penelitian Tindakan untuk Guru dan Mahasiswa. Graha Ilmu, Yogyakarta, pp. 1-135. ISBN 978-602-262-142-3
|
Text
Penelitian Tindakan Kelas.pdf Download (798kB) | Preview |
Abstract
Penelitian tindakan di Indonesia menjadi semakin popular seiring dengan kebutuhan dan tuntutan bagi guru untuk mengaplikasikan metode ilmiah dalam rangka meningkatkan kemampuan profesionalnya. Melalui penelitian tindakan ide-ide yang terkait dengan profesinya dan yang masih berada pada tataran teoritis dapat diaplikasikan langsung ke tataran praktis untuk menyempurnakan proses pembelajarannya sehingga anak didiknya dapat belajar secara optimal. Seiring dengan tuntutan tersebut, mahasiswa Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan, seperti mahasiswa FKIP dan STKIP perlu dibekali dengan pengetahuan dan kemampuan untuk melakukan penelitian tindakan kelas. Tanpa harus menaifkan perbedaan tujuan antara penelitian guru kelas dan penelitian untuk tugas akhir mahasiswa, perlu diberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhirnya dengan mengetrapkan penelitian tindakan sebagai sebuah metodologi penelitian. Dalam buku ini disajikan sejarah singkat dan hakekat penelitian tindakan, ranah pendidikan yang dapat dijadikan masalah dalam penelitian, cara mengumpulkan dan menganalisis data, serta panduan untuk melakukan refleksi. Buku ini juga membahas perbedaan antara penelitian tindakan bagi guru dan penelitian tindakan bagi mahasiswa serta menyajikan contoh-contoh hasil penelitian baik yang berbahasa Indonesia maupun yang berbahasa Inggris.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Bahasa Inggris |
Depositing User: | AGUSTINUS BAMBANG SETIYADI |
Date Deposited: | 29 May 2017 02:05 |
Last Modified: | 20 Jul 2017 09:16 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/1705 |
Actions (login required)
View Item |