Telaumbanua, Mareli and Dermiyati, - and Suharjo, Radix (2019) RANCANG BANGUN SISTEM PENGADUK DAN PEMBUAT PUPUK CAIR LIMBAH KELAPA SAWIT DAN NANAS OTOMATIS DENGAN METODE AEROB, SEMI AEROB, DAN ANAEROB. RANCANG BANGUN SISTEM PENGADUK DAN PEMBUAT PUPUK CAIR LIMBAH KELAPA SAWIT DAN NANAS OTOMATIS DENGAN METODE AEROB, SEMI AEROB, DAN ANAEROB, 8 (4). pp. 234-242. ISSN E-ISSN 2549-0818

[img] Text (RANCANG BANGUN SISTEM PENGADUK DAN PEMBUAT PUPUK CAIR LIMBAH KELAPA SAWIT DAN NANAS OTOMATIS DENGAN METODE AEROB, SEMI AEROB, DAN ANAEROB)
2900-8683-1-PB.pdf - Published Version

Download (284kB)
Official URL: http://jurnal.fp.unila.ac.id/index.php/JTP/article...

Abstract

Hamparan limbah tandan kosong kelapa sawit dan rimpang nanas tanpa pengolahan lanjutan, dapat menjadi sumber hama dan penyakit. Namun, tandan kosong dan rimpang nanas ini mengandung unsur mikro-makro dan vitamin yang dibutuhkan oleh tanaman, starter (mikroba pengurai), zat pengatur tumbuh dan inhibitor untuk mengatasi permasalahan limbah biomassa tersebut. Agar pengolahan limbah untuk mendapatkan pupuk hayati dapat maksimal, dapat menggunakan sistem pengolah limbah otomatis yang mampu melakukan variasi metode dalam pengolahannya.Rancangan sistem yang mengolah limbah hayati menjadi pupuk hayati menggunakan tiga metode perlakuan yaitu aerob, anaerob dan semi aerob yang mampu bekerja secara otomatis. Alat ini mampu melakukan pengadukan secara otomatis selama 30 hari proses dekomposisi bahan organik di dalamnya. Alat ini juga dilengkapi dengan sensor suhu yang mampu memprediksi tinggi rendahnya proses dekomposisi bahan organik di dalam tangki. Akurasi kinerja sistem pengaduk, pompa udara, dan keran udara otomatis adalah 68 %, 99,8 % dan 99,8 %. Hasil kecepatan respon seluruh aktuator adalah ± 1 ms. Dari berbagai kondisi pengukuran, kondisi pengaduk, pompa udara, dan keran udara otomatis stabil. Pengaduk bekerja melakukan pengadukan pada pukul 06.00, 12.00, 18.00 dan 00.00 setiap harinya. Pompa dan keran bekerja melakukan sirkulasi pada pukul 07.00, 13.00, 19.00 dan 01.00. Melalui alat ini dapat diperoleh pupuk cair terbaik dengan proses pengolahan yang lebih bervariasi.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Pertanian (FP) > Prodi Teknik Pertanian
Depositing User: Dr Mareli Telaumbanua
Date Deposited: 18 Nov 2019 07:10
Last Modified: 18 Nov 2019 07:10
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/16781

Actions (login required)

View Item View Item