Asih, Eka Septia Budi and Sutiarso, Sugeng and Wijaya, Agung Putra (2019) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 7 (2). pp. 146-157. ISSN 2338-1183

[img] Text
SugengSutiarso_Juni2-2019.pdf

Download (374kB)
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/index

Abstract

Penelitian quasi experiment ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Bandar-lampung semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 305 siswa yang terdistribusi ke dalam 10 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 sebanyak 30 siswa dan kelas VIII-3 sebanyak 29 siswa yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah the randomized control group pretest posttest design. Analisis data yang digunakan adalah uji Mann-Whitney U. Hasil analisis data menunjukkan bahwa median gain skor pemahaman konsep matematis siswa dengan model PBL lebih tinggi daripada median gain skor pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model PBL berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: pemahaman konsep matematis, problem based learning

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: SUGENG SUTIARSO
Date Deposited: 14 Nov 2019 10:18
Last Modified: 14 Nov 2019 10:18
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/16285

Actions (login required)

View Item View Item