Rilda, Murniati (2019) ETIKA DAN KODE ETIK PROFESI SEBAGAI PENUNTUN PERILAKU MEMBENTUK PROFESI HUKUM YANG BERMORAL. In: Jalan Sunyi Sang Guru. PKKP-HAM FH UNILA, Bandar Lampung, pp. 472-486. ISBN 978-623-211-024-3

[img] Text
jalan sunyi sang guru Rilda.docx

Download (39kB)

Abstract

Profesor Abdulkadir Muhammad, S.H. ( dipanggil Prof. Kadir) adalah sosok yang selalu kaya akan inspiriasi untuk terus mengembangkan nilai manfaat atas dirinya dengan melahirkan karya buku sebagai wujud nyata eksistensinya sebagai dosen hingga menjadi Guru Besar ke-2 di Universitas Lampung. Karya cipta buku telah dihasilkan Prof. Kadir dalam setiap mata kuliah yang diasuhnya yang dikembangkan dari catatan kecil (trasparan kuliah) yang dengan tekun selalu dipersiapkan sebelum kuliah. Salah satu karya buku yang menjadi wujud nyata kesadaran untuk terus bermanfaat dan menanamkan nilai-nilai kebenaran kepada anak-anak didiknya adalah dengan tulisnya Buku Etika Profesi Hukum yang juga berawal dari catatan kecil (handout) kuliahnya. Buku Etika Profesi Hukum karya Prof. Kadir lahir sebagai suatu desakan hati agar mahasiswa memiliki sumber rujukan bacaan yang konprehensif dan sistematis serta mudah untuk dipahami sehubungan Ilmu Etika memerlukan cara pemahaman tersendiri dengan pengkajian mendalam yang berprasyarat Ilmu Filsafat. Prof. Kadir sangat menyadari mempelajari dan mengajarkan Ilmu Etika harus berakhir dengan penanaman nilai moral yang menjadi cerminan mahasiswa untuk menjadi profesional hukum yang bermoral dengan cerminan kode etik profesinya. Untuk itu, sangat diperlukan adanya buku khusus dengan bahasa Indonesia yang baik dan runtut sehingga mudah dipahami menjadi ciri khas Prof. Kadir dari setiap buku-bukunya.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Kode etik profesi
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum (FH) > Prodi Ilmu Hukum
Depositing User: RILDA MURN
Date Deposited: 14 Nov 2019 10:50
Last Modified: 14 Nov 2019 10:50
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/16250

Actions (login required)

View Item View Item