Susana, Susana and Kadaritna, Nina and Tania, Lisa Efektivitas Model POGIL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 7 (3). ISSN ISSN: 2302-1772

[img] Text
17376 - Published Version

Download (23kB)
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK

Abstract

This study aims to describe the effectiveness of POGIL model to increase critical thinking skills in chemical equilibrium topic. The population is all of students XI Science at one of Senior High School in Bandar Lampung teaching year 2018/2019, sample selected by purposive sampling tehnique obtained XI Science 5 as experiment class and XI Science 6 as control class, use quasi experiment method with pretestt-posttest control group design. Experiment class use POGIL model and control class use lecture convensional. The result with t-test indicated that score of n-Gain mean difference was significantly different experiment and control class, supported by the persent of student activity average at experiment class is higher than control class, and POGIL model was implemented by high criteria. From the result can be conclude that the learning with POGIL model is effective to increase critical thinking skills in chemical equilibrium topic. Keyword : Chemical equilibrium, critical thinking skills, effectiveness of POGIL model Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model POGIL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi kesetimbangan kimia. Populasi penelitian adalah seluruh siswa XI MIPA di salah satu SMA di Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019, sampel dipilih dengan teknik purposive sampling yaitu XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol, menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Pretestt-Posttest Control Group Design. Kelas eksperimen menggunakan model POGIL dan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Hasil uji-t menunjukkan perbedaan rata-rata skor n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, ditunjang dengan rata-rata persentase aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, serta model POGIL terlaksana dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model POGIL efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi kesetimbangan kimia. Kata kunci : Efektivitas model POGIL, kesetimbangan kimia, keterampilan berpikir kritis

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: LISA TANIA
Date Deposited: 04 Nov 2019 02:56
Last Modified: 04 Nov 2019 02:56
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/14644

Actions (login required)

View Item View Item