EC00201953445 (2019) Perancangan Pembelajaran Kimia. 000152758.
|
Text
sertifikat_EC00201953445.pdf Download (770kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran adalah sebuah sistem, yang di dalamnya terdapat unsur-unsur, komponen-komponen, variabel-variabel yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi. Oleh karena itu sebelum merancang pembelajaran, perlu dikaji dasar teoretis dalam merancang sebuah pembelajaran, dalam hal ini berupa model-model desain pembelajaran yang telah dihasilkan oleh para ahli pendidikan. Kegiatan selanjutnya setelah merancang pembelajaran adalah mengembangkan program pembelajaran berdasarkan rancangan yang telah dibuat. Program-program pembelajaran yang harus disusun oleh guru meliputi silabus, analisis konsep, RPP, lembar kerja siswa (LKS), bahan ajar, media pembelajaran, serta instrumen asesmen pembelajaran. Pada penerapan Kurikulum 2013, silabus masing-masing mata pelajaran telah disusun di tingkat pusat, guru hanya menganalisis silabus dan menyesuaikan kegiatan pembelajaran, agar sesuai dengan kondisi di sekolah masing-masing. Menganalisis konsep sangat penting, karena dari situ guru mengetahui hubungan antara konsep satu dengan yang lain, mengetahui konsep-konsep penting, sehingga dapat menentukan darimana pembelajaran harus dimulai, sesuai dengan pendekatan yang digunakan.
Item Type: | Patent |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | M Mahfudz Fauzi Syamsuri |
Date Deposited: | 04 Nov 2019 07:46 |
Last Modified: | 04 Nov 2019 07:46 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/14539 |
Actions (login required)
View Item |