Siandiko, Devin and Sumarti, Sumarti and Kusrini, Nani (2018) Alih Kode dan Campur Kode pada Komunikasi Guru dan Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Prancis Kelas XI di SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Pranala, 1 (1).

[img] Archive
16966 - Published Version

Download (20kB)

Abstract

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu alih kode dan campur kode pada komunikasi guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Prancis di SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Tuturan diperoleh pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung di dalam kelas XI SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan terdapat alih kode internal berupa peralihan dari bahasa Indonesia ke bahasa Jawa dan Lampung dan alih kode eksternal berupa peralihan dari bahasa Indonesia ke bahasa Prancis atau sebaliknya. Faktor penyebab alih kode yang paling dominan adalah faktor penutur. Bentuk campur kode meliputi campur kode kata, frasa, dan klausa. Faktor penyebab campur kode yang paling dominan adalah faktor akademik. Kata kunci: alih kode, campur kode, komunikasi guru dan siswa

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PC Romance languages
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Bahasa Inggris
Depositing User: NANI KUSRI
Date Deposited: 21 May 2019 02:57
Last Modified: 21 May 2019 02:57
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/13013

Actions (login required)

View Item View Item