Romli, S and Abdurrahman, Abdurrahman and Distrik, I Wayan and Herlina, Kartini (2018) Validitas dan Keefektifan LKS Berbasis Open Ended Problem untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Canadian Journal of Science, Mathematics, and Technology Education. ISSN 1942-4051, 1492-6156 (Unpublished)

[img] Text
3. Jurnal Indo Aryo.docx

Download (2MB)

Abstract

Keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran fisika dapat ditingkatkan melalui proses pembelajaran berbantuan Lembar Kerja Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa berbasis open ended untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, khususnya pada materi fluida statis. Method: Menggunakan quasi experiment dengan pretest-postest with control group design. Sampel penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas XI SMA yang ada di Metro, Lampung. Instrumen yang digunakan yaitu skala sikap ilmiah, dan soal tes pemahaman konsep. Teknik analisis data menggunakan N-gain analysis, independent t-test, dan ANCOVA. Findings: Penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis open ended efektif untuk menumbuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Hasil uji N-gain keterampilan berpikir tingkat tinggi di kelas eksperimen (g = 0.69) lebih tinggi dibandingkan kelas control (g = 0.28). Hasil uji ANCOVA menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap rata-rata hasil tes keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa (p < 0.05) antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Implications for Research and Practice: Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikatakan bahwa LKS berbasis open ended telah mencapai tujuan penelitian yaitu meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Untuk penelitian selanjutnya, peneliti menyarankan supaya LKS berbasis open ended tidak hanya diterapkan untuk materi fluida ststis, namun dapat diterapkan pada materi lainnya.

Item Type: Article
Additional Information: This article is still draft. It will be submitted to the following journal
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ABDURRAHMA
Date Deposited: 14 May 2019 08:05
Last Modified: 14 May 2019 08:05
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/12613

Actions (login required)

View Item View Item