Helmi, Masdar and Noorhidana, Vera A. and Alami, Fikri and Isneini, Mohammad and Bayzoni, Bayzoni (2019) BANTUAN TEKNIS DESAIN DAN PEMBUATAN KUBAH MASJID MENGGUNAKAN TEKNOLOGI FEROSEMEN. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat: Teknologi dan Inovasi, Hosted Fakultas Teknik Unila, 24 April 2019, Hotel Horison B. Lampung. (In Press)

This is the latest version of this item.

[img] Text
SENAPATI_2019-Masdar dkk.pdf

Download (508kB)

Abstract

Kubah Masjid Al-Abbas dibangun tahun 2010 menggunakan bahan glass reinforced concrete (GRC) pracetak dengan rangka pipa baja. Namun kubah masjid tersebut mengalami kebocoran sehingga mengakibatkan korosi pada rangka pipa baja dan air hujan merembes ke dalam masjid. Berbagai upaya memperbaiki permukaan kubah dengan lapisan bahan kedap air tidak berhasil mengatasi masalah tersebut.Bantuan teknis dilakukan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut: peninjauan lapangan dan rekomendasi, pengenalan teknologi ferosemen, perencanaan bentuk dan struktur kubah, pelatihan pembuatan ferosemen, pembimbingan persiapan konstruksi dan pengawasaan pelaksanaan pembuatan kubah. Berdasarkan pengamatan di lapangan, tim FT Unila merekomendasikan agar kubah GRC diganti kubah baru untuk menghindari jatuhnya korban jamaah akibat kerusakan struktur rangka pipa baja penyangganya. Kubah dibuat dari bahan ferosemen agar beban yang ditanggung struktur bangunan masjid lebih ringan dibandingkan dengan kubah beton bertulang. Pelaksanaan pembuatan kubah ferosemen dilakukan tanpa membongkar dulu kubah GRC sehingga aktifitas ibadah di dalam masjid tidak terganggu. Kubah ferosemen berbentuk bulat telur dengan 8 jendela penerangan cahaya matahari di bagian bawahnya. Struktur pengaku kubah ferosemen menggunakan 8 rib ferosemen menerus ke balok beton. Kubah ferosemen berupa kerangka baja tulangan berdiamater 8 mm yang dibungkus kawat ayam 2 lapis dan diisi mortar dengan komposisi adukan 1 semen : 3 pasir halus.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Prodi Teknik Sipil
Depositing User: MASDAR HELMI, Ph.D.
Date Deposited: 14 May 2019 08:31
Last Modified: 14 May 2019 08:31
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/12587

Available Versions of this Item

  • BANTUAN TEKNIS DESAIN DAN PEMBUATAN KUBAH MASJID MENGGUNAKAN TEKNOLOGI FEROSEMEN. (deposited 14 May 2019 08:31) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item