Naj’iyah, Ani Latifatun and Suyatna, Agus and Abdurrahman, Abdurrahman (2018) MODUL INTERAKTIF EFEK FOTOLISTRIK BERBASIS LCDS UNTUK MENSTIMULUS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. Jurnal Pendidikan Fisika. ISSN 2337-5973 (Unpublished)

[img] Text
5. JURNAL ANI.docx

Download (404kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis menggunakan modul interaktif efek fotolistrik dengan modul tercetak, mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan modul interaktif, mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa yang menggunakan modul interaktif efek fotolistrik dan mengetahui respon siswa terhadap pemanfaatan modul interaktif efek fotolistrik. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Natar pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dengan desain penelitian non-equivalent control grup design.Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner (angket), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) beserta lembar observasi dan soal tes. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, kuesioner dan isian LKPD. Teknik analisis data kemampuan berpikir kritis dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan N-gain. Teknik analisis data keterampilan proses sains dilakukan dengan menghitung nilai rata-rata kelas kemudian disesuaikan dengan tabel klasifikasi indeks keterampilan proses sains. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Paired Sample T Test dan Independent Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan modul interaktif efek fotolistrik mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, hal ini dilihat dari nilai N-gain dan hasil uji paired sample t test, (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara siswa yang menggunakan modul interaktif dengan modul tercetak, hal ini dilihat dari perbedaan nilai n-gain kedua kelas dan hasil uji independent sample t test, (3) nilai keterampilan proses sains siswa sebesar 82,6 dengan kategori tinggi, dan (4) siswa memberikan respon positif terhadap pemanfaatan modul interaktif.

Item Type: Article
Additional Information: This article is still drafting and will be submitted to the following journal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: ABDURRAHMA
Date Deposited: 10 May 2019 07:49
Last Modified: 10 May 2019 07:49
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/12571

Actions (login required)

View Item View Item