Anggistia, Desti and Suyanto, Eko and Nyeneng, I Dewa Putu (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6 (1). pp. 106-115. ISSN 2302-0105

[img] Text
3) 15629-35133-1-PB.pdf

Download (512kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar fisika siswa SMA dari ranah kognitif, afektif,dan psikomotor. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA4 dan X MIA6 SMAN 14 Bandarlampung yang berjumlah 60 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Control Group Design. Data hasil uji penelitian diuji dengan analisis uji normalitas dan Independent Sample T-test. Hasil belajar ranah kognitif pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata yaitu sebesar 77 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu sebesar 67, pada ranah afektif kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata yaitu sebesar 79 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu sebesar 74, dan pada ranah psikomotor kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata yaitu sebesar 79 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 71. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar fisika siswa SMA dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotor.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: I DEWA PUT
Date Deposited: 09 May 2019 08:21
Last Modified: 09 May 2019 08:21
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/12286

Actions (login required)

View Item View Item