Nufus, Hayatun and Rosidin, Undang and Herlina, Kartini and Hasnunidah, Neni (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP BERDASAKAN PERBEDAAN KEMAMPUAN AKADEMIK. JurnalPendidikanFisika, 7 (2). pp. 110-117. ISSN 2301-7651

[img]
Preview
Text
31. Artikel Hayatunnufus dkk.pdf

Download (312kB) | Preview
Official URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/art...

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang fundamental pada pembelajaran abad ke-21. Berdasarkan penelitian pendahuluan di 25 SMP di Bandar Lampung, dikatakan bahwa pembelajaran fisika di sekolah belum maksimal dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa berdasarkan perbedaan kemampuan akademik, yaitu kemampuan akademik tinggi dan rendah. Penelitian ini menggunakan Quasi Experiment dengan metode Pretest Posttest Non Equivalen Control Group Design. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan pretest dan posttest soal essai yang mengacu pada 5 kriteria berpikir kritis Ennis (2011). Data dianalisis dengan menggunakan Independent Sample T-Test untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan setelah penerapan model Argument-Driven Inquiry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis siswa berakademik tinggi yang ditunjukkan dengan nilai sig. sebesar 0,021 (2) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Argument-Driven Inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis siswa berakademik rendah yang ditunjukkan dengan nilai sig. sebesar 0,003 pada taraf kepercayaan 95%. Artinya, model penerapan Argument-Driven Inquiry berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa berkemampuan akademik tinggi dan rendah.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Depositing User: Dr. Undang Rosidin
Date Deposited: 09 May 2019 01:29
Last Modified: 09 May 2019 01:29
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/11979

Actions (login required)

View Item View Item