Mulyana, Karlina Maya and Abdurrahman, Abdurrahman and Rosidin, Undang (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENUMBUHKAN SKILL MULTIREPRESENTASI SISWA SMA PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK. Jurnal Pendidikan Fisika, 7 (2). pp. 69-75. ISSN 2337-5973

[img] Text
6. 9644-25692-1-PB.pdf

Download (612kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan skill multirepresentasi siswa SMA kelas X pada meteri Hukum Newton tentang gerak dengan menggunakan pendekatan STEM. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X di suatu SMA di Propinsi Lampung, Indonesia. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling yaitu sebanyak dua kelas yang berjumlah 62 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah the non-equivalent pretest-posttest control group design. Kelas eksperimen menggunakan pendekatan STEM dan kelas kontrol menggunakan pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasikan, dan mengomunikasikan). Pengambilan data skill multirepresentasi menggunakan tes berbentuk soal uraian dengan jumlah sepuluh soal. Analisis peningkatan menggunakan perhitungan dari skor gain yang ternormalisasi (N-gain). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kelas kontrol memiliki nilai rata-rata N-gain sebesar 0,55, sedangkan kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata N-gain sebesar 0,63. Berdasarkan hasil analisis uji T menunjukkan bahwa terdapat perbedaaan nilai rata-rata N-gain skill multirepresentasi siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Siswa yang belajar menggunakan pendekatan STEM memiliki skill multirepresentasi lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan pendekatan saintifik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: ABDURRAHMA
Date Deposited: 08 May 2019 07:33
Last Modified: 08 May 2019 07:33
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/11920

Actions (login required)

View Item View Item