Jamil, Nurngafifah and Rosilawati, Ila and Fadiawati, Noor (2018) Efektivitas Discovery Learning Materi Elektrolit-Non Elektrolit dalam Meningkatkan KPS Ditinjau dari Kemampuan Akademik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 7 (2). pp. 1-15. ISSN 2302-1772

[img] Text
Nur ngafifah-ila-noor.pdf

Download (636kB)

Abstract

Efektivitas Discovery Learning Materi Elektrolit-Non Elektrolit dalam Meningkatkan KPS Ditinjau dari Kemampuan Akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning dalam meningkatkan KPS siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit ditinjau dari kemampuan akademik siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain faktorial 2 x 2. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Data penelitian dianalisis menggunakan uji two ways ANOVA dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: tidak terdapat interaksi antara penggunaan model discovery learning dengan kemampuan akademik terhadap KPS siswa; model discovery learning efektif untuk meningkatkan KPS siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit; pada penggunaan model discovery learning, persentase siswa kemampuan akademik tinggi dengan kategori n-gain tinggi lebih besar daripada siswa akademik sedang dan rendah.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Dr., M.Si. Noor Fadiawati
Date Deposited: 29 Apr 2019 08:18
Last Modified: 29 Apr 2019 08:18
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/11310

Actions (login required)

View Item View Item