Emmawaty Sofia, ES and Tasviri Efkar, TE 38Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Peningkatan Aktivitas Belajar dan Penguasaan Konsep Termokimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. ISSN ISSN: 2302-1772
|
Text
17398-39242-1-PB.pdf Download (364kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode eksperimen terhadap peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan konsep siswa pada materi temokimia.Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-postestcontrolgrup design.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA diBandar Lampung. Penentuansampel menggunakan cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelasXI IPA 6 sebagaikelaskontrol.Hasil penelitian menunjukkan metode eksperimen berpengaruh terhadap peningkatan aktivitasbelajar siswa dengan besar persentase79,97% dan penguasaan konsepsiswa di kelas eksperimen meningkat berdasarkan rata-rata skor n-Gain dan uji pengaruh yang diperoleh berkategori “besar” yaitu 0,76 pada kelas eksperimen.Disimpulkan bahwa metode eksperimen memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep siswapada materi termokimia
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | EMMAWATY S |
Date Deposited: | 29 Apr 2019 08:17 |
Last Modified: | 29 Apr 2019 08:17 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/11273 |
Actions (login required)
View Item |