Rudibyani, Ratu Betta PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MAHASISWA FKIP UNILA. prosiding seminar nasional pendidikan, 1 (1). ISSN 2527-7553

[img] Text
2.-Ratu-Betta-Rudibyani.pdf

Download (706kB)

Abstract

Komunikasi merupakan dasar untuk memecahkan masalah. Kemampuan menyampai-kan sesuatu secara lisan maupun tulisan termasuk komunikasi. Tingkat pemahaman mahasiswa rendah selama ini diduga karena kemampuan komunikasi mahasiswa dan model pembelajaran yang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrip- sikan efektivitas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa P.S. Pendidikan Kimia, Jurusan P. MIPA, FKIP Unila. Metode penelitian ini adalah One Group Pretest-Postest Design. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa klas A, Semester 4, tahun akademik 2014/2015 yang mengambil mata kuliah Dasar-dasar Kimia Analitik (DDKA). Efektivitas model pembelajaran diukur dari: (a) kepraktisan, (b) keefektivan dan (c) effect size (ukuran pengaruh) model tersebut dalam meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh kesim- pulan bahwa: penerapan model pembelajaran problem solving memiliki: (a) kepraktisan yang sangat tinggi, (b) keefektivan yang sangat tinggi, (c) effect size yang sangat besar dalam meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa FKIP Unila.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Prodi Kimia
Depositing User: RATU BETTA . .
Date Deposited: 09 Apr 2019 06:54
Last Modified: 09 Apr 2019 06:54
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/10970

Actions (login required)

View Item View Item