Rudibyani, Ratu Betta PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MAHASISWA FKIP UNILA. prosiding seminar nasional pendidikan, 1 (1). ISSN 2527-7553
|
Text
2.-Ratu-Betta-Rudibyani.pdf Download (706kB) | Preview |
Abstract
Komunikasi merupakan dasar untuk memecahkan masalah. Kemampuan menyampai-kan sesuatu secara lisan maupun tulisan termasuk komunikasi. Tingkat pemahaman mahasiswa rendah selama ini diduga karena kemampuan komunikasi mahasiswa dan model pembelajaran yang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrip- sikan efektivitas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa P.S. Pendidikan Kimia, Jurusan P. MIPA, FKIP Unila. Metode penelitian ini adalah One Group Pretest-Postest Design. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa klas A, Semester 4, tahun akademik 2014/2015 yang mengambil mata kuliah Dasar-dasar Kimia Analitik (DDKA). Efektivitas model pembelajaran diukur dari: (a) kepraktisan, (b) keefektivan dan (c) effect size (ukuran pengaruh) model tersebut dalam meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh kesim- pulan bahwa: penerapan model pembelajaran problem solving memiliki: (a) kepraktisan yang sangat tinggi, (b) keefektivan yang sangat tinggi, (c) effect size yang sangat besar dalam meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa FKIP Unila.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Prodi Kimia |
Depositing User: | RATU BETTA . . |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 06:54 |
Last Modified: | 09 Apr 2019 06:54 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/10970 |
Actions (login required)
View Item |