Eka Putrawan, G. and Riadi, Bambang and Maydiantoro, Albet and Hidayatullah, Riyan (2018) Pelatihan Keterampilan Speaking Bahasa Inggris Menggunakan Mind Mapping bagi Siswa SMAN 1 Kotagajah. In: Prosiding Seminar Nasional Hasil-Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2018: Berkarya dan Berinovasi untuk Bangsa Berbasis Pembangunan yang Berkelanjutan. LPPM universitas Lampung. ISBN ISBN 9780-602-0860-27-5

[img]
Preview
Text
PROSIDING SEMNAS PKM.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pelatihan speaking bahasa Inggris menggunakan mind mapping ini sangat penting guna memberikan wawasan dan pengetahuan serta mengasah kemampuan dan keberanian siswa dalam berbicara dalam bahasa Inggris. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keberanian dan keterampilan speaking bahasa Inggris siswa di SMA Negeri 1 Kotagajah, Prosedur kegiatan ini meliputi pemberian pre-test bagi peserta, diskusi teori dan praktik, dan pemberian post-test sebagai instrumen yang akan digunakan untuk mengevaluasi hasil kegiatan pengabdian ini. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil pemahaman dan keberanian speaking siswa peserta pelatihan sebelum dan setelah diberikan pelatihan. Hasil pre-test menunjukkan bahwa mereka takut, gugup, dan tidak percaya diri saat berbicara dalam bahasa Inggris (76.5%), dan sisanya (23.5%) menyatakan tidak. Disamping itu, hanya 19.1% peserta yang pernah mendengar istilah mind map, dan sisanya (80.9%) belum pernah mendengar istilah mind map. Sedangkan, hasil post-test menunjukkan bahwa 54.4% dari peserta pelatihan menyatakan masih takut dan tidak percaya diri berbicara dalam bahasa Inggris, dan sisanya (45.6%) menyatakan sebaliknya. Disamping itu, 97.1% mengetahui istilah mind map dan menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan mind map sangat menarik (39.7%) dan menarik (58.8%). Setelah dilakukan praktik atau simulasi berbicara bahasa Inggris menggunakan mind map, mereka menyatakan bahwa mind map membuat mereka lebih berani dan percaya diri berbicara bahasa Inggris (94.1%). Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pembelajaran berbicara bahasa Inggris menggunakan mind map dapat meningkatkan keberanian dan kepercayaan diri siswa dalam berbicara bahasa Inggris meskipun masih ditemui kesalahan tata bahasa yang cukup banyak. Namun, melalui pelatihan ini paling tidak menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi sudah dapat dilakukan dimana pesan dapat diterima dengan baik.

Item Type: Book Section
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Bahasa Inggris
Depositing User: Bambang Riadi
Date Deposited: 08 Apr 2019 02:38
Last Modified: 08 Apr 2019 02:38
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/10870

Actions (login required)

View Item View Item