Mahrinasari, Mahrinasari and Pandjaitan, Dorothy Rouly H. MODEL PERILAKU PEMBELIAN KONSUMEN DALAM BELANJA ONLINE DI INDONESIA. Usulan penelitian Ristek Dikti pendanaan 2019. (Unpublished)

[img] Text
PDUPT-Mahrinasari-UNILA.pdf

Download (369kB)

Abstract

Semakin berkembangnya teknologi termasuk internet di era globalisasi membuka tantangan dan peluang bagi pelaku bisnis dalam memulai dan mengembangkan serta memperluas jaringan melalui kemudahan dalam melakukan transaksi yang cepat dan dinamis. Teknologi informasi menjadi alat yang dipakai perusahaan untuk berhubungan dengan konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung. Internet yang menjadi konsumsi masyarakat menjadikan pelaku usaha bisa dengan mudah memasarkan produknya kepada konsumen. Penggunaan aktivitas internet secara teori didukung oleh penerapan Model teori penerimaan teknologi oleh konsumen, yang dikenal dengan model Technology Acceptance Model (TAM). TAM merupakan salah satu model yang dibangun untuk menganalisis dan memahami faktor‐faktor yang mempengaruhi penerimaan penggunaan teknologi informasi saat diperkenalkan pertama kali. Dari teori tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan internet juga dipengaruhi oleh pengenalan produk teknologi pertama kali kepada konsumen. Hasil Pra-Survei peneliti kepada 60 responden (Desember, 2017), menyatakan bahwa masih ada keraguan konsumen berupa terjadinya resiko ketidaksesuaian barang yang dibeli dengan informasi yang tertera di media pemasaran Online perusahaan. Teori TAM menjelaskan perilaku konsumen dalam mengadopsi teknologi berdasarkan persepsi kemanfaatan (perceived usefulness) dan persepsi atas kemudahan penggunaan (Perceived ease of use). Persepsi kemanfaatan sebagai suatu tingkatan di mana seseorang percaya bahwa menggunakan sistem tersebut dapat meningkatkan kinerjanya dalam bekerja” (Davis p. 320). Persepsi atas kemudahan penggunaan (Perceived ease of use), secara kontras, mengacu pada “suatu tingkatan dimana seseorang percaya bahwa menggunakan sistem tersebut tak perlu bersusah payah. Setiap persepsi ini disikapi setiap konsumen berbeda-beda terlebih lagi jika karakter kosnumen sangat dipengaruhi oleh disposisi personal yang sangat kental dengan unsur ketakutan timbulnya resiko atas penerimaan teknologi informasi yang selalu berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku pembelian konsumen melalui belanja online, dengan penerapan model TAM, yang diintegrasikan dengan pengembangan variabel kepercayaan dan variabel pemoderasi Resiko dan Gender. Oleh karena itu, penelitian ini diberi judul “Model Perilaku Pembelian Konsumen dalam Belanja Online di Indonesia”.

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Prodi Manajemen
Depositing User: Dr DOROTHY ROULY PANDJAITAN
Date Deposited: 15 Nov 2018 03:06
Last Modified: 15 Nov 2018 03:06
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/9960

Actions (login required)

View Item View Item