Erlina Rufaidah, ER (2016) REVITALISASI DESA ADAT BERBASIS PENDIDIKAN DAN KEARIFAN LOKAL. REVITALISASI DESA ADAT BERBASIS PENDIDIKAN DAN KEARIFAN LOKAL, 10 (02). pp. 537-554. ISSN 0853-9510

[img] Text (Revitalisasi Desa Adat Berbasis Etika dan Kearofan Lokal)
13 - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (24kB)
Official URL: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/KALAM

Abstract

Kehadiran desa adat dinilai mampu menjadi wadah yang dapat mengakomodasi berbagai kepentingan budaya sebagai bentuk pelestariannya. Sebuah desa adat berjalan dengan baik apabila berjalannya berbagai aspek pendukung lainnya di antaranya aspek pendidikan dan kearifan lokal. Peran pendidikan dasar dan kesadaran kearifan lokal dalam hal ini menjadi sangat penting, sebagai upaya untuk mencegah munculnya sikap-sikap tersebut sejak dini. Kajian ini bertujuan untuk menjawab persoalan bagaimana wujud revitalisasi desa adat berbasis pendidikan dan kearifan lokal pada masyarakat Kabupaten Lampung Barat. Sebagai bentuk revitalisasi pada aspek pendidikan peningkatkan kesiapan guru dalam menghadapi berbagai tantangan dan tuntutan zaman kedepan dan pengembangan kompetensi budaya sebagai salah satu aspek kompetensi guru diperlukan untuk meningkatkan efektivitas dan kebermaknaan program pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang. Selain itu, termuatnya pandangan hidup yang bersumber dari kearifan lokal sangatlah penting mengingat nilai-nilai dasar kultural yang ada di dalam kearifan lokal melekat pada diri masyarakat. Memegang teguh nilai-nilai kearifan lokal dan mengimplementasikannya pada kehidupan bermasyarakat akan mampu menjadi solusi atas timbulnya permasalahan sosio-kultural di dalam masyarakat.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: ERLINA RUF
Date Deposited: 15 Nov 2018 03:03
Last Modified: 13 Dec 2021 05:10
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/9932

Actions (login required)

View Item View Item