Sabdaningtyas, Lilik (2018) MODEL EVALUASI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL PADA SATUAN PENDIDIKAN JENJANG SD. jurnal penelitian dan evaluasi pendidikan, 22 (1). pp. 70-82.
|
Text
jurnal bu lilik.pdf Download (425kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan model evaluasi implementasi kebijakan standar pelayanan minimal (SPM) jenjang sekolah dasar (SD). Hasil evaluasi diharapkan dapat memberikan rekomendasi kepada Dinas pendidikan dan para praktisi pendidikan. Desain penelitian yang digunakan adalah non experimental. Desain penelitian ini terdiri dari 5 variabel laten dan 33 variabel manifest. Populasinya mencakup 307 SD di 11 Kecamatan wilayah Kabupaten Pesawaran. Sampel sebanyak 24 SD pada 4 Kecamatan diambil secara purposive. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang divalidasi dan conten validity melalui Focus Group Discucion (FGD). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan Structural Equation Models (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kondisi Lingkungan Sekolah (KLS), Pelaksana Kebijakan Sekolah (PKS), Kelompok Sasaran Kebijakan (KSK), dan Proses Pengelolaan Organisasi Sekolah (PPOS) merupakan faktor dinamis pembentuk model yang tepat untuk mengevaluasi IP-SPM SD. Kata kunci: model evaluasi, implementasi kebijakan, IP-SPM-SD
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Keguruan Guru SD |
Depositing User: | LILIK SABD Lilik Sabdaningtyas |
Date Deposited: | 14 Nov 2018 02:41 |
Last Modified: | 14 Nov 2018 02:41 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/9885 |
Actions (login required)
View Item |