Sulistiowati, Rahayu and Atika, Dewie and Prihantika, Ita (2018) Pendidikan Tanpa Kekerasan dalam Perspektif Kebijakan Publik. AURA Publishing, Bandarlampung. ISBN 978-602-5940-64-4

[img]
Preview
Text
PENDIDIKAN TANPA KEKERASAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kekerasan terhadap anak terjadi di segala lingkungan pertumbuhan anak, termasuk di lingkungan pendidikan. Sebagian besar waktu dan pertumbuhan anak dibentuk pada fase sekolah. Bukan hanya kekerasan fisik yang sering terjadi di lingkungan sekolah, tetapi juga kekerasan psikis, dan kekerasan seksual. Pemerintah tentunya harus mengambil suatu tindakan sebagai jalan keluar atas fenomena ini. Maka kebijakan publik sebagai strategi untuk merealisasikan tujuan publik merupakan salah satu solusi atas kekerasan yang terjadi pada anak di dunia pendidikan. Wujud respon negara melalui Permen Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 8 Tahun 2014 Tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak. Kebijakan ini dapat diarahkan untuk menuju sebuah model kebijakan penanganan kekerasan terhadap anak, dan khususnya melalui sektor pendidikan. Mengapa pendidikan, karena pendidikan memegang peranan yang sangat penting untuk kemajuan suatu bangsa. Kualitas manusia ditentukan oleh kualitas pendidikan dan pendidikan yang ideal adalah pendidikan yang mengakomodir kebutuhan murid laki-laki dan murid perempuan sehingga seluruh masyarakat laki-laki dan perempuan akan memperoleh akses, partisipasi, kontrol dan manfaat yang sama dalam bidang pendidikan. Berdasarkan kondisi tersebut, penulis berusaha menyusun naskah buku referensi ini dengan memuat aspek kebijakan pendidikan responsif gender dan tanpa kekerasan.

Item Type: Book
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Administrasi Negara
Depositing User: ITA ITA PRIHANTIKA
Date Deposited: 12 Nov 2018 01:14
Last Modified: 12 Nov 2018 01:14
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/9713

Actions (login required)

View Item View Item