Sulistiowati, Rahayu and Atika, Dewie and Prihantika, Ita (2018) Pendidikan Tanpa Kekerasan dalam Perspektif Kebijakan Publik. AURA Publishing, Bandarlampung. ISBN 978-602-5940-64-4
|
Text
PENDIDIKAN TANPA KEKERASAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kekerasan terhadap anak terjadi di segala lingkungan pertumbuhan anak, termasuk di lingkungan pendidikan. Sebagian besar waktu dan pertumbuhan anak dibentuk pada fase sekolah. Bukan hanya kekerasan fisik yang sering terjadi di lingkungan sekolah, tetapi juga kekerasan psikis, dan kekerasan seksual. Pemerintah tentunya harus mengambil suatu tindakan sebagai jalan keluar atas fenomena ini. Maka kebijakan publik sebagai strategi untuk merealisasikan tujuan publik merupakan salah satu solusi atas kekerasan yang terjadi pada anak di dunia pendidikan. Wujud respon negara melalui Permen Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 8 Tahun 2014 Tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak. Kebijakan ini dapat diarahkan untuk menuju sebuah model kebijakan penanganan kekerasan terhadap anak, dan khususnya melalui sektor pendidikan. Mengapa pendidikan, karena pendidikan memegang peranan yang sangat penting untuk kemajuan suatu bangsa. Kualitas manusia ditentukan oleh kualitas pendidikan dan pendidikan yang ideal adalah pendidikan yang mengakomodir kebutuhan murid laki-laki dan murid perempuan sehingga seluruh masyarakat laki-laki dan perempuan akan memperoleh akses, partisipasi, kontrol dan manfaat yang sama dalam bidang pendidikan. Berdasarkan kondisi tersebut, penulis berusaha menyusun naskah buku referensi ini dengan memuat aspek kebijakan pendidikan responsif gender dan tanpa kekerasan.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Administrasi Negara |
Depositing User: | ITA ITA PRIHANTIKA |
Date Deposited: | 12 Nov 2018 01:14 |
Last Modified: | 12 Nov 2018 01:14 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/9713 |
Actions (login required)
View Item |