Emmawaty Sofya, ES EFEKTIVITAS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI. Prosiding Seminar Nasional UIN Gunung Jati.

[img] Text
buku prosiding bu emma.pdf

Download (385kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran problem solving dalam meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa pada materi stokiometri. Penelitian ini telah dilakukan di MAN 1 Pringsewu Tahun Ajaran 2017/2018 menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest-posttest) control group design. Sampel diperoleh melalui teknik purposive sampling dari 4 kelas populasi dan diperoleh sampel yaitu kelas X.MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 4 sebagai kelas kontrol. Keefektifan dibuktikan dari motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa. Motivasi belajar siswa diukur menggunakan angket motivasi belajar ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) dengan 27 butir pernyataan yang terdiri dari 15 pernyataan positif (favorable) dan 12 pernyataan negatif (unfavorable). Peningkatan penguasaan konsep siswa diukur dengan menganalisis nilai n-Gain. Untuk menentukan apakah pembelajaran problem solving benar efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa pada materi stokiometri maka didukung oleh aktivitas siswa selama pembelajaran dan kemampuan guru mengelola pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh bahwa motivasi belajar siswa tinggi, penguasaan konsep siswa tinggi. Simpulan penelitian ini yaitu model pembelajaran problem solving efektif dalam peningkatan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa pada materi Stikiometri. Kata Kunci: motivasi belajar, penguasaan konsep, problem solving.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: RATU BETTA . .
Date Deposited: 09 Nov 2018 03:22
Last Modified: 09 Nov 2018 03:22
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/9596

Actions (login required)

View Item View Item