Herpratiwi, Herpratiwi PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN OLEH GURU SEKOLAH DASAR DI KOTA BANDAR LAMPUNG 2015. In: prosiding hepi, 5-7 Juni 2015, Makasar.

[img] Text
ProsidingHEPI sulsel 2015(1).pdf - Published Version

Download (10MB)
Official URL: http://www.hepi.or.id/

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan sumber belajar dalam pembelajaran oleh guru Sekolah Dasar (SD)di Kota Bandar Lampung. Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif. Populasi adalah seluruh guru kelas SD negeri, swasta dan MIS di 13 Kecamatan Kota Bandar Lampung berjumlah 3081 guru, sampel diambil secara random sampling berimbang sebesar 20% yaitu sebesar 616 guru. Data dianalisis dengan persentase dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan berbagai sumber belajar dalam pembelajaran yang berujud informasi/ pesan by design adalah bahan pelajaran, dan by utilization adalah donggeng, puisi, lagu, dan cerpen. Penyampai informasi by design yang dominan adalah guru, sedangkan by utilizationtidak pernah digunakan. Media penyimpan informasi by design yang sering digunakan adalah gambar, dan by utilization adalah surat kabar, realita, dan bekas kemasan. Guru tidak mempergunakan peralatan untuk memindahkan pesan baik by design dan by utilization. Cara penyampaian pesan by design yang sangat sering digunakan guru adalah ceramah, tanya jawab dan diskusi, sedangkan by utilization adalah donggeng. Lingkungan untuk menyampai kan pesan by design yang sangat sering digunakan guru adalah ruang kelas, dan perpustakaan dan yang tidak sering digunakan laboratorium, serta by utilization yang sangat sering digunakan adalah lingkungan sekolah dan sekitar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Depositing User: HERPRATIWI
Date Deposited: 29 Oct 2018 04:15
Last Modified: 29 Oct 2018 04:15
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/8782

Actions (login required)

View Item View Item