Karsiwan, K and Pujiati, P and Erlina Rufaidah, ER (2017) PEMBELAJARAN IPS BERBASIS NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL PADA SISWA SMK FARMASI CENDIKIA FARMA HUSADA. Jurnal Tekstual, 15 (30). pp. 43-57. ISSN 1693-1041

[img] Text
Jurnal Tekstual 2018.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Jurnal Tekstual 2018.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan proses pembelajaran IPS dengan berbasis pada nilai-nilai kearifan lokal. Kegiatan penelitian dilaksanakan di SMK Farmasi Cendikia Farma Husada pada tahun ajaran 2015-2016. Subjek penelitian adalah seluruh siswa-siswi kelas X.A SMK Farmasi Cendikia sebanyak 46 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS berbasis nilai-nilai kearifan lokal mampu memberikan alternative proses pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan sekaligus menantang bagi siswa. Pembelajaran IPS dengan berpijak pada tema-tema kearifan lokal sangat membantu dalam proses pembelajaran di sekolah. Melalui proses pembelajaran IPS berbasis nilai-nilai kearifan lokal inilah, siswa diharapkan mampu mengembangkan ide, gagasan, kreatifitas dalam berfikir serta beragumentasi ilmiah, melalui proses pembelajaran yang mampu menempatkan siswa sebagai pelaku pembelajaran. Keywords: Proses Pembelajaran, IPS, Kearifan Lokal

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran, IPS, Kearifan Lokal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan IPS
Depositing User: PUJIATI
Date Deposited: 03 Jul 2018 09:51
Last Modified: 03 Jul 2018 09:51
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/8386

Actions (login required)

View Item View Item