Pandjaitan, Dorothy Rouly H. (2017) ANALISIS FAKTOR KUALITAS DESTINASI WISATA, KEPUASAN WISATAWAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS WISATAWAN (Studi Penelitian Pada World's Best Halal Destination, West Sumatera, Indonesia). Prosiding Seminar Nasional & Konferensi Forum Manajemen Indonesia (FMI) Ke-9. pp. 4-5. ISSN 978-602-8557-31-3

[img] Text
FMI9-SEMARANG-DOROTHY-2017-new.pdf

Download (133kB)
Official URL: http://fmi.or.id/seminar-fmi-ke-9-tahun-2017-semar...

Abstract

ABSTRAK Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan studi empiris dari analisis faktor kualitas destinasi wisata, kepuasan wisatawan dan pengaruhnya terhadap loyalitas wisatawan (Studi Penelitian Pada World's Best Halal Destination, West Sumatera, Indonesia). Desain metodologi/pendekatan – Alat yang digunakan untuk mengumpulkan informasi pada peneltian ini ialah survei yang ditujukan kepada wisatawan yang mengunjungi Sumatera Barat sebagai tujuan wisata halal dan digunakan untuk menggambarkan perilaku wisatawan tersebut terhadap kualitas destinasi wisata, kepuasan wisatawan dan loyalitas mereka terhadap destinasi wisata halal, Sumatera Barat, Indonesia. Temuan – Temuan dalam jurnal ini mengkonfirmasi, bahwa kualitas destinasi wisata dan kemampuan menjaga kepuasan wisatwan yang dilakukan oleh pihak destinasi wisata halal, Sumatera Barat mampu memberikan kontribusi yang besar terhadap penciptaan loyalitas wisatawan terhadap jasa yang mereka tawarkan dan hal ini akan memberikan pengaruh yang positif bagi kelangsungan bisnis destinasi wisata halal, Sumatera Barat. Batasan penelitian – Batasan utama dari penelitian ini adalah sampel yang digunakan hanya dari satu wilayah saja dan hanya diuji tanpa mempertimbangkan variabel selain kualitas destinasi wisata, kepuasan wisatawan dan loyalitas wisatawan. Dibutuhkan penelitian lanjutan tentang konsep pemasaran dengan segmentasi-segmentasi tertentu. Implikasi praktis – Dari jurnal ini dapat disimpulkan bahwa, pemasaran suatu destinasi wisata halal akan akan berkembang lebih luas apabila dapat ditingkatkan lagi kualitas destinasi wisata dan promosi wisatanya. Implikasi Sosial – Didalam jurnal ini, terdapat temuan bahwa jenis pariwisata halal menjadi tren baru saat ini karena ada potensi yang sangat besar bagi pariwisata halal dari sisi ekonomi. Pangsa pasar yang dituju cukup besar terutama dari wisatawan mancanegara khususnya dari Timur Tengah. Berdasarkan hal tersebut seharusnya pengelola lebih memperhatikan strategi yang mereka gunakan agar para wisatawan tertarik untuk datang berkunjung ke salah satu destinasi halal terbaik di dunia ini. Kata Kunci: Destinasi Wisata Halal, Kualitas Destinasi Wisata, Kepuasan Wisatawan, Loyalitas Wisatawan

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Prodi Manajemen
Depositing User: Dr DOROTHY ROULY PANDJAITAN
Date Deposited: 28 Jun 2018 07:01
Last Modified: 28 Jun 2018 07:01
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/8116

Actions (login required)

View Item View Item