Vivin Nurul Hidayah, Vivin and Alben Ambarita, Alben and Pujiati, Puji (2017) IMPLEMENTASI BUKU AJAR IPS BERBASIS MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 1 (1). pp. 271-284. ISSN 978-602-619994-0-4

[img]
Preview
Text
Prosiding Seminar Nasional PGSD(1).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk buku ajar IPS berbasisinkuiri dan menerapkannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD. Metode yang digunakan adalah Research & Development (R&D) oleh Borg dan Gall. Alat pengumpul data menggunakan lembar angket dan tes pilihan ganda. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di Gugus Baharudin sebanyak 121 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik multistage random sampling dengan jumlah 53 orang. Selanjutnya ditetapkan 3 orang subjek uji perorangan, 9 orang subjek kelompok kecil dan 40 orang uji lapangan.Untuk menentukan efektivitas digunakan rumus Uji t dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) buku ajar berbasis inkuiri yang dikembangkan layak digunakan; (2) buku ajar IPS berbasis inkuiri yang dikembangkan terbukti secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Model Inkuiri, Buku Ajar, Hasil Belajar

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri, Buku Ajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Depositing User: PUJIATI P
Date Deposited: 28 Jun 2018 01:56
Last Modified: 28 Jun 2018 01:56
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/7984

Actions (login required)

View Item View Item