[Tresiana], [Novita] and [Duaji], [Noverman] and [Fahmi], [Teuku] and [Putri], [Rahmah Dianti] (2018) Pelatihan mendesain kebijakan dan strategi sekolah ramah anak pada satuan pendidikan. Sakai Sembayan, 2 (1). pp. 41-48. ISSN 2550-1089

[img] Text
48 - Published Version

Download (19kB)
Official URL: http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/...

Abstract

PKM ini bertujuan meningkatkan wawasan dan pengetahuan akan perlunya membangun kota layak anak melalui sekolah ramah anak dan meningkatkan wawasan dan pengetahuan mendesain kebijakan dan strategi melalui 6 instrumen SRA.Metode yang dipergunakan survei (check list dengan mengisi kuesioner) satuan pendidikan dan metode ceramah serta dialog. Sasaran PKM ini satuan pendidikan (sekolah), murid, orangtua, dan alumni. Lokasi PKM di SMPN 16 Kota Bandar Lampung yang merupakan sekolah model. Kegiatan PKM terdiri dari dua kegiatan, yaitu survei yang dilaksanakan pada bulan Agustus, dan pelatihan yang berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 16-17 Oktober 2017. Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh 53 peserta. Materi dalam pengabdian ini dibagi menjadi 4 hal pokok, yaitu: Mendesain Kebijakan dan Strategi Persiapan SRA, Mendesain Kebijakan dan Strategi Perencanaan SRA, Mendesain Kebijakan dan Strategi Pelaksanaan SRA dan Mendesain Kebijakan dan Strategi Pelaporan, Monitoring serta Evaluasi SRA. Kegiatan PKM ini berhasil dilaksanakan dan mendapat respon positif dari peserta pelatihan. Hasil dari kegiatan PKM ini didapatnya kata sepakat untuk secepatnya mewujudkan SRA di SMPN 16 Kota Bandar Lampung sebagai salah satu area percepatan untuk menuju kesuksesan kota layak anak yang dicanangkan pemerintah daerah sejak tahun 2012.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Administrasi Negara
Depositing User: RAHMAH DIANTI PUTRI
Date Deposited: 28 Jun 2018 06:48
Last Modified: 28 Jun 2018 06:48
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/7959

Actions (login required)

View Item View Item