Riadi, Bambang and Hilal, Iqbal (2017) INSTRUMEN PENILAIAN BUATAN GURU BAHASA INDONESIA SMP DI KOTA BANDAR LAMPUNG. AKSARA, 18 (2). pp. 145-153. ISSN 1411-20151

[img] Text
AKSARA INSTRUMEN.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/aksara

Abstract

Proses pembelajaran meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Penilaian dalam suatu proses pembelajaran sangat menentukan ketercapaian tujuan. Seorang guru harus mengetahui konsep penilaian dalam pembelajaran. Dalam merumuskan itu, seorang guru akan menuangkan pemahamannya dalam sebuah penilaian. Penelitian ini mengkaji instrumen penilaian buatan guru dan mendeskripsikan instrumen penilaian yang digunakan. Penelitian ini tergolong jenis penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang karakteristik instrumen penilaian yang dibuat oleh guru. Metode peneltian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan sampel 10 guru bahasa Indonesia SMP di Bandar lampung. Berdasarkan hasil penelitian mengenai instrumen buatan guru bahasa Indonesia SMP di Kota Bandarlampung didapat variasi data instrumen penilaian. Instrumen yang dibuat guru ada yang memenuhi ketentuan penilaian yang mengukur aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Namun, ada data yang menunjukan pengukuran aspek penilaian tidak sepenuhnya termuat yakni hanya memuat aspek kognitif dan psikomotor ataupun hanya memuat aspek kognitif saja. Pemahaman mengenai instrumen tersebut menjadi penting bagi guru karena proses pembelajaran yang dilakukan akan sampai pada tahap pengukuran hasil belajar yang dibuat dari instrumen penilaian. Pengukuran terhadap ranah sikap dan bentuk instrumennya perlu dipahami oleh guru lebih mendalam. Kata Kunci: Instrumen Penilaian, Guru Bahasa Indonesia, Bandarlampung

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Bambang Riadi
Date Deposited: 26 Jun 2018 08:02
Last Modified: 26 Jun 2018 08:02
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/7809

Actions (login required)

View Item View Item