Hasnunidah, Neni and Rosidin, Undang and Kadaritna, Nina (2018) PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PERMASALAHAN PEMBELAJARANNYA PADA MATA PELAJARAN IPA SMP DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 1 (1). pp. 119-129. ISSN 970-602-61265-2-8

[img]
Preview
Text
681-1449-1-SM.pdf

Download (583kB) | Preview
Official URL: http://semnasbiologi.fkip.unram.ac.id/

Abstract

Pembelajaran dengan pendekatan saintifik seharusnya digunakan dalam implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar dan menengah di seluruh Indonesia. Karakteristik pembelajaran ini merupakan kunci untuk menghasilkan siswa yang kreatif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implemantasi pendekatan saintifik dan permasalahannya dalam pembelajaran IPA SMP di Kota Bandar Lampung. Penelitian dengan metode Cross-Sectional Survey telah dilaksanakan. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SMP Negeri dan Swasta di Kota Bandar Lampung yang telah menggunakan kurikulum 2013 dalam pembelajaran IPA. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif melalui reduksi data, klasifikasi dan penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru-guru IPA SMP di Kota Bandar Lampung tentang pembelajaran saintifik tidak sesuai dengan konsep pendekatan ilmiah. Hanya 48% guru yang telah memahami tentang pendekatan saintifik dengan baik, meskipun telah menggunakan kurikulum 2013 dalam pembelajarannya. Implementasi pembelajaran saintifik oleh guru tidak berjalan dengan baik. Hanya 4% guru yang menggunakan kegiatan 5 M (mengamati, menanya, menggali informasi/mencoba, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan) secara lengkap dan runtut. Sementara, 42% guru tidak dapat mengorganisasikan kegiatan 5 M dengan urutan yang logis dan 54% guru tidak menggunakan kegiatan 5 M. Penilaian pembelajaran yang digunakan oleh sebagian besar guru tidak sesuai dengan karakteristik pendekatan saintifik karena didominasi oleh penilaian kognitif. Temuan ini dapat digunakan sebagai bahan referensi bagi lembaga-lembaga pendidikan berkaitan dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA di SMP. Berdasarkan temuan tersebut disarankan kepada sekolah agar dapat memfasilitasi guru untuk kegiatan lesson study yang dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Prodi Biologi
Depositing User: NENI HASNU
Date Deposited: 26 Jun 2018 02:44
Last Modified: 26 Jun 2018 02:44
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/7729

Actions (login required)

View Item View Item