Kuniya, Karen and oktaria, dwita and Setiawan, Gigih and Lisiswanti, Rika (2018) Hubungan Gaya Belajar dan Pendekatan Belajar terhadap Hasil Ujian Praktikum Anatomi pada Mahasiswa Kedokteran Angkatan 2015 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. MAJORITY, 7 (2). pp. 1-6. ISSN 2337 - 3776
|
Text
Karen - Dwita.pdf Download (960kB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar merupakan parameter keberhasilan proses pembelajaran. Praktikum merupakan bagian dari proses pembelajaran yang bertujuan agar mahasiswa dapat mempraktikan teori yang didapat. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar, seperti learning style dan learning approach. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dan pendekatan belajar terhadap hasil ujian praktikum anatomi angkatan 2015 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi sebesar 187 dengan sampel sebanyak 150 responden dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner R-SPQ-2F dan kuesioner VARK. Uji analisis menggunakan uji chi-square. Pada penelitian ini, mayoritas responden (93,3%) menggunakan deep approach. Kinestetik dan audio adalah gaya belajar dominan yakni masing-masing sebesar (37,3%). Tingkat kelulusan pada ujian praktikum anatomi sebesar 25,3%. Hasil uji chi square didapatkan nilai p sebesar 0,26 untuk gaya belajar dan 0,27 untuk pendekatan belajar (p>0,05). Tidak terdapat hubungan bermakna antara gaya belajar dan pendekatan belajar terhadap hasil ujian praktikum anatomi angkatan 2015 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RZ Other systems of medicine |
Divisions: | Fakultas Kedokteran (FK) > Prodi Pendidikan Dokter |
Depositing User: | DWITA OKTA |
Date Deposited: | 21 Jun 2018 01:36 |
Last Modified: | 21 Jun 2018 01:36 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/7389 |
Actions (login required)
View Item |