subeki, subeki and Utomo, tanto Pratondo and Al Rasyid, Harun and Mukti, Nurul and Muhartono, Muhartono (2018) ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP BERAS SIGER DI BANDAR LAMPUNG. In: PROSIDING PERTEMUAN TAHUNAN DAN SEMINAR NASIONAL APTA 2017. Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu, Bengkulu, pp. 162-182. ISBN 978-602-9071-24-5

[img]
Preview
Text
Harun APTA1.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text
index.html

Download (55kB)
Official URL: http://jtp.fp.unib.ac.id/download/prosiding-apta-2...

Abstract

Lampung merupakan sentra produksi ubikayu yang pemanfaatannya masih didominasi oleh industri besar tapioka. Pemanfaatan ubikayu sebagai alternatif makanan pokok pengganti beras perlu dilakukan dengan cara mengolah ubikayu menjadi butiran yang menyerupai beras padi. Masyarakat Lampung menyebut produk olahan ubikayu ini dengan istilah beras siger. Beras siger dibuat dari tepung ubikayu dengan ekstruder menjadi butiran seperti beras padi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap produk beras siger dari ubi kayu. Metode penelitian ini adalah survei perilaku konsumen yang dilakukan dengan wawancara dan pengisian kuesioner lalu dianalisis menggunakan importance performance analysis. Preferensi terhadap beras siger menunjukkan bahwa konsumen memiliki perilaku positif terhadap produk beras siger sebagai pangan alternatif pengganti beras. Perilaku konsumen terhadap beras siger menunjukkan mayoritas konsumen berjenis kelamin laki-laki, sumber keuangan dengan bekerja, dengan rata-rata pengeluaran perbulan Rp.1.500.000 – 2.500.000. Motivasi awal mengkonsumsi beras siger adalah mendapatkan manfaat kesehatan. Sumber informasi konsumen berasal dari anggota keluarga dengan variabel manfaat yang menjadi fokus utama. Beras siger kurang diminati dibandingkan dengan mengkonsumsi beras padi. Konsumen memutuskan pembelian tergantung situasi dengan frekuensi konsumsi 2 kg per bulan dan bersedia melakukan pembelian ulang. Variabel produk beras siger yang memiliki tingkat kepentingan dengan skor tertinggi adalah variabel manfaat (4,35), komposisi (3,73), anggota keluarga (3,65), motivasi (3,58), informasi (3,53), dan harga beras (3,40) dengan skor maksimal 5. Atribut yang memilik tingkat kinerja dengan skor tertinggi adalah manfaat (4,35), komposisi (3,95), harga beras (3,83), kemudahan membeli (3,60), dan motivasi (3,58) dengan skor maksimal 5. Kata kunci : Bandar Lampung, beras siger, ubi kayu, preferensi konsumen

Item Type: Book Section
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran (FK) > Prodi Pendidikan Dokter
Fakultas Pertanian (FP) > Prodi Teknologi Hasil Pertanian
Fakultas Pertanian (FP) > Prodi Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Wisnu Satyajaya
Date Deposited: 21 Jun 2018 02:01
Last Modified: 21 Jun 2018 02:01
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/7265

Actions (login required)

View Item View Item