Sofia, Ari and Haenilah, Een Yayah (2015) Hubungan antara penguasaan kompetensi kepribadian guru dengan upaya mengembangkan kemampuan sosial emosional anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (2). pp. 1-7. ISSN 2355-5815
Archive
Jurnal PAUD vol 2 no 2 2015 unesa.zip Download (5MB) |
Abstract
Banyak hal yang dapat berpengaruh terhadap upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan keterampilan sosial anak, salah satunya adalah kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan penguasaan kompetensi kepribadian dengan upaya guru mengembangkan keterampilan sosial anak. Subjek penelitian ini berjumlah 104 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling, dengan karakteristik guru taman- kanak-kanak, telah bekerja minimal selama 5 tahun dan pendidikan S1. Lokasi penelitian di Bandar lampung. Alat ukur yang digunakan adalah skala kompetensi kepribadian guru dan skala upaya meningkatkan perilaku sosial. Data penelitian di analisis menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara penguasaan kompetensi kepribadian guru dengan upaya guru meningkatkan keterampilan sosial anak (F=8,231; p=0.005 (p<0,01); R=0,273 dan R=0,075), sumbangan prediktor (R) penguasaan kompetensi kepribadian adalah 7,5 %. Hal ini menunjukkan masih banyak hal lain yang berperan terhadap upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan perilaku sosial anak. Misalnya kompetensi professional dan kompetensi sosial. Kata kunci: kepribadian, upaya pengembangan, sosial
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan PG-PAUD |
Depositing User: | ARI SOFIA |
Date Deposited: | 04 Oct 2016 03:11 |
Last Modified: | 09 Aug 2021 03:56 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/717 |
Actions (login required)
View Item |