Karim, Mirwan and Fihartini, Yuniarti (2018) FAKTOR-FAKTOR RELASIONAL, TUGAS, DAN ORGANISASI PADA KINERJA TENAGA PENJUAL DI BANDAR LAMPUNG. Prosiding Penelitian: Seminar Nasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung. pp. 291-302. ISSN 978-602-5548-14-7

[img] Text
publikasi penelitian mirwan 2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tenaga penjual menjadi bagian penting dari perusahaan dalam meningkatkan volurne penjualan karena tenaga penjual merupakan ujung tombak perusahaan dalam proses memperkenalkan dan meyakinkan konsumen agar mengkonsumsi produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan melalui kegiatan pemasarannya. Terdapat perubahan peran tenaga penjual pada empat era, dimulai dari era produksi (production), penjualan (sales), pemasaran (marketing) dan hubungan (partnership/relational), dimana dalam setiap era tersebut peranan tenaga penjual didasarkan atas pengetahuan, keahlian dan kemampuan yang berbeda dalam menciptakan keefektifan kerja dan kinerjanya. Pada era partnership/relational peranan tenaga penjual memfokuskan pada kegiatannya membangun dan memelihara hubungan jangka panjang kepada konsumen, rekan kerja, serta semua pihak disamping penjualan itu sendiri. Penelitian ini menguji mengenai pengaruh faktor-faktor relasional, tugas, dan organisasi terhadap kinerja tenaga penjual dimana faktor relational diwakili oleh komitmen tehadap organisasi, kepercayaan terhadap rekan kerja, dan kerjasama antar rekan kerja. Faktor tugas diwakili oleh ketergantungan dalam tugas. Faktor organisasi diwakili oleh jumlah rekan kerja, sistem penghargaan dan norma-norma yang berlaku. Hasil penelitian membuktikan bahwa komitmen tehadap organisasi, kepercayaan terhadap rekan kerja, kerjasama antar rekan kerja (faktor relasional), ketergantungan dalam tugas (faktor tugas), sistem penghargaan, norma-norma yang berlaku (faktor organisasi) dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap kinerja tenaga penjual. Sementara jumlah rekan kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja tenaga penjual.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Prodi Manajemen
Depositing User: S.E.,M.Si. Yuniarti Fihartini
Date Deposited: 28 May 2018 03:44
Last Modified: 28 May 2018 03:44
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/6941

Actions (login required)

View Item View Item