Hariaputra, Bima and Wamiliana, Wamiliana and Kurniasari, Dian (2009) PENYELESAIAN PERMAINAN SUDOKU BERBASIS 9X9 MENGGUNAKAN ALGORITMA ELIMINASI DAN TRACKING GUESS KAGE BUNSHIN. Seminar Nasional Sains, Matematika, Informatika dan Aplikasinya, 1 (1). pp. 35-43. ISSN 2086-2342

[img] Text
Penyelesaian Permainan Sudoku Berbasis 9 x 9 Menggunakan Algoritma Eliminasi dan Tracking Guess Kage Bunshin.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://unila.ac.id/~mipa/

Abstract

sudoku merupakan teka-teki logika yang menggunakan angka sebagai simbol, memiliki bentuk dan model permasalahan yang cukup menarik untuk dikaji. Salah satu teknik yang dapat digunakan dalam penyelesaian Sudoku adalah mengguanakan Teknik Eliminasi dan Teknik Penelusuran Terkaan (Tracking Guess). Teknik penelusuran terkaan yang digunakan adalah metode jejak maju (Forward Tracking) yang biasa digunakan dalam penyelesaian komputasi pararel. Salah satu ide atau konsep yang dapat digunakan untuk melakukan forward tracking tersebut adalah menggunakan konsep dari Kage Bunshin Ninjutshu yang ada dalam cerita fiksi animasi Manga Naruto karangan Masashi Kisimoto.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Prodi Matematika
Depositing User: WAMILIANA
Date Deposited: 25 Apr 2018 07:50
Last Modified: 25 Apr 2018 07:50
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/6779

Actions (login required)

View Item View Item