Munifatullah, Feni Analisis Kualitatif Perspektif Guru Bahasa Inggris Terhadap Keragaman Latar Belakang Bahasa dan Budaya Siswa. Prosiding Seminar Dies Natalies Universitas LAmpung 2009.

[img] Text
artikel seminar unila 2009.pdf

Download (3MB)

Abstract

Guru bahasa memeiliki kualifikasi yang harus dipenui, diantaranya adalah kualifikasi memiliki pengetahuan konten/isi. Yang dimaksud pengetahuan konten adalah pemahaman guru terhadap subjek pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa kedua yaitu tata bahasa pedagogis/sistem bahasa dalam pengajaran, fonologi, teori pengajaran, pemerolehan bahasa kedua, juga wacana khusus dan terminologi dalam pengajaran.Jadi, guru harus punya kepekaan terhadap sistem bahasa sekaligus oenguasaaan bahasa pertama siswa yang tentu berawal dari pemahaman terhadap bidang ilmu linguistik. Pengetahuan lain yang terkait dengan penelitian ini ialah penegtahuan konteks yaitu kedekatan dengan konteks institusi dan sekolah, norma-normanya, pengetahuan tentang siswanya, termasuk informasi budaya dan yang lainnya. Untuk pengetahuan yang kedua ini, penulis hanya fokus pada pengetahuan tentang latar belakang siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan guru mengolah pengetahuan konten ini untuk diformulasikan menjadi bahan pertimbangan dalam merencanakan kelasnya. Data diambil melalui kuesioner terbuka sebanyak tiga pertanyaan dan diberikan kepada guru bahasa Inggris di dua sekolah. Analisis dilakukan secara kualitatif dengan kesimpulan jika guru memiliki kesadaran untuk menggunakan pengetahuan linguistic dan budaya dalam kelasnya, maka mereka disebut guru terlatih dan sebaliknya. Hasilnya, tidak satupun guru menggunakan pengetahuan linguistik dan budaya dalam kelasnya secara integral dalam pengelolaan kelasnya. Kata kunci: budaya siswa, konten, konteks, linguistik

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Bahasa Inggris
Depositing User: Dr Feni Munifatullah
Date Deposited: 14 Feb 2018 03:31
Last Modified: 14 Feb 2018 03:31
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/6460

Actions (login required)

View Item View Item