Mukhlis, Maulana (2016) Tantangan Ombudsman dalam Jaringan Pelayanan. Harian Umum LAMPUNG POST.
Text
OPINI (Maulana Mukhlis)-9 (Lampost, 13-04-2016).doc Download (53kB) |
Abstract
PADA 20 maret 2016 lalu, Ombudsman genap 16 tahun hadir di Indonesia’. Lembaga negara ini lahir melalui Kepres No. 44 Tahun 2000 di era Presiden Abdurahman Wahid; waktu itu, Ombudsman RI bernama Komisi Ombudsman Nasional (KON). Jika dibanding The Parliamentary Ombudsman di Swedia yang didirikan pada 1809 sebagai cikal bakal lembaga pegawas pelayanan di dunia, maka Ombudman RI memang masih sangat muda. Dengan asumsi bahwa Ombudsman adalah bagian dari proses transisi menuju demokrasi, maka Ombudsman-pun kemudian menjadi suatu keharusan di negara penganut demokrasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Maulana Mukhlis |
Date Deposited: | 15 Feb 2018 08:39 |
Last Modified: | 15 Feb 2018 08:39 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/6416 |
Actions (login required)
View Item |