Riswandi, Riswandi (2015) Model Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach)pada Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar (SD) Berbasis Pembentukan Kararakter Siswa. In: Seminar Nasional Pendidikan, 7 November 2015, Ponorogo.

[img] Text
Prosiding.pdf

Download (15MB)

Abstract

Abstrak: tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran dengan pendekatan saintifik sesuai dengan kurikulum 2013 pada tingkat sekolah dasar (SD) berbasis pembentukan karakter siswa. Sedangkan tujuan khusus penelitian ini adalah untuk: (1) menyiapkan perangkat untuk model pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis pembentukan karakter siswa, (2) mengimplementasikan model pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis pembentukan karakter siswa, dan (3) mengukur tingkat efektivitas dan efisiensi implementasi model pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis pembentukan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (research and development) yang dikembangkan oleh Borg dan Gall yang dilaksanakan dalam dua tahun kegiatan. Tahun pertama: tahap pengembangan model, merancang model awal, validasi ahli, perbaikan/merevisi rancangan model, dan menghasilkan produk model pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis pembentukan karakter siswa. Tahun kedua: melaksanakan ujicoba pendahuluan, perbaikan rancangan model utama, uji coba model dalam lingkup lebih luas, perbaikan model untuk produk akhir, uji coba operasional, perbaikan model untuk produk akhir penelitian, dan diseminasi serta publikasi. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah: (1) menemukan dan mendesain model pembelajaran dengan pendekatan saintifik sesuai dengan kurikulum 2013 berbasis pembentukan karakter siswa, (2) menyusun panduan pelaksanaan model pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis pembentukan karakter siswwa, (3) membangun kesepakatan dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Pesawaran untuk mengimplementasikan produk model pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis pembentukan karakter siswa. Penelitian tahun pertama, telah menghasilkan model pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang terdiri dari tiga tahap, yakni tahap persiapan mencakup menganalisis KD, menerangkan indikator, dan menyusun instrumen pembelajaran, tahap proses: pembelajaran melanjutkan hasil/produk tahap sebelumnya dengan menentukan model pembelajaran (menyesuaikan dengan sintaks) dan melaksanakan langkah-langkah saintifik (mengamati, menanya, menelaah, mencoba, dan mengkomunikasi). Tahap hasil belajar, akan mengokohkan pengetahuan dan keterampilan yang berkembang pada siswa. Pembentukan karakter siswa dilaksanakan pada saat proses pembelajaran dimulai dari siswa perlu mengetahui, membiasakan, meyakini, melakukan berulangkali (mengetahui, membiasakan, dan meyakini), hingga mempertahankan. Kata kunci: model pembelajaran, pendekatan saintifik, pembentukan karakter siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Lecture)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Depositing User: RISWANDI
Date Deposited: 25 Apr 2018 02:49
Last Modified: 25 Apr 2018 02:49
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/6300

Actions (login required)

View Item View Item