Cahyadi, Robi (2016) Tantangan Kualitas Pelayanan Publik Pada Pemerintah Daerah. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik dan Pembangunan ADMINISTRATIO, 7 (1). pp. 15-25. ISSN 2087-0825

[img]
Preview
Text
Administratio Cover Edisi 7 Vol. 1.pdf

Download (138kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fisip.unila.ac.id/index.php/administ...

Abstract

Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik telah menjadi acuan awal bagi pemerintah, khususnya pemerintah daerah dalam menetapkan standar pelayanan bagi masyarakat pengguna jasa pelayanan pemerintah. Berdasarkan data Ombudsan RI , standar pelayanan membutuhkan waktu yang relatif lama dalam praktek pelaksanaannya. Tulisan ini mengurai tentang faktor penghambat pelayanan publik, tantangan yang dihadapi pemerintah daerah, masalah yang muncul seperti mal administrasi, sampai dengan perlunya sinergi layanan antar pemerintah daerah dengan Ombudsman RI guna percepatan kualitas layanan, hingga ide electronic government dengan menggunakan teknologi informasi yang terkoneksi dengan menyeluruh. Tulisan ini berbasiskan penelitian pustaka dengan analisa data-data sekunder, melalui beberapa penelitian yang ada pada pemerintah daerah di Indonesia.Hasilnya tantangan kualitas pelayanan publik di Indonesia terletak pada penyedia layanan (birokrasi) dan pengguna layanan (masyarakat), keduanya sama-sama bermasalah namun dengan porsi birokrasi dipihak yang lebih bermasalah dalam pelayanan publik.

Item Type: Article
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: ROBI CAHYA
Date Deposited: 30 Nov 2017 07:12
Last Modified: 30 Nov 2017 07:12
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/6142

Actions (login required)

View Item View Item