Edi Suyanto, ES (2015) Ketercapaian SK/KD Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dalam Ujian Nasional Oleh Siswa SMA di Kabupaten Tulang Bawang. Prosiding "Seminar Kebahasaan dan Kesastraan Indonesia 2015: Bahasa Sebagai Alat Transformasi Nilai-Nilai Karakter Berbangsa dan Bernegara".. pp. 57-63. ISSN 978-602-73423-0-9

[img] Text
PROSIDING-11 JUNI 2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya ketercapaian SK/KD mata pelajaran bahasa Indonesia oleh siswa merupakan permasalahan dalam penelitian ini, termasuk bagaimana mengidentifikasi faktor-faktor penyebab dan alternatif pemecahannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan ketercapaian SK/KD bahasa Indonesia, (2) mengungkap faktor penyebab siswa SMA tidak menguasai pokok bahasan bahasa Indonesia, dan (3) merumuskan alternatif pemecahan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kompetensi bahasa Indonesia yang di-UN-kan oleh siswa SMA di Kabupaten Tulang Bawang untuk tahun pelajaran yang akan datang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah qualitative-descriptive re¬se¬arch. Seko¬lah yang dijadikan sampel terdiri dua SMA negeri (SMA Negeri 1 Menggala dan SMA Negeri 2 Menggala) dan satu SMA swasta (SMA Pembina Menggala) yang ada di Kabupaten Tulang Bawang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik FGD (Focus Group Discusion, studi doku¬men¬ta¬si, tes kompetensi guru, observasi kelas, dan wa¬¬wan¬cara mendalam. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan seperti berikut ini. 1) Rerata ketercapaian kompetensi bahasa Indonesia antara Kelompok IPA dan IPS bersifat fluktuatif. Rerata ketercapaian SK/KD oleh siswa T.P. 2008/2009 (26,50%), 2009/2010 (31,04%), dan 2010/2011 (26,07%). 2) Beberapa faktor penyebab belum dikuasainya SK/KD bahasa Indonesia, antara lain (1) rendahnya kompetensi akademik dan pedagogik guru, (2) minimnya sarana penunjang, dan (2) rendahnya kualitas pelayanan dan pembiayaan. 3) Beberapa alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan rendahnya ketercapaian SK/KD oleh siswa, antara lain (1) peningkatan kualitas layanan kepada guru dan siswa, (2) pengadaan sarana dan prasarana yang memadai, dan (3) terprogramnya semua kegiatan sekolah secara operasioal sehingga dapat dilaksanakan secara sinergis. Kata Kunci: Ketercapaian SK/KD, Bahasa Indonesia, UN

Item Type: Article
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Depositing User: EDI SUYANT
Date Deposited: 25 Apr 2018 06:40
Last Modified: 25 Apr 2018 06:40
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/5883

Actions (login required)

View Item View Item