Herlina, Kartini and Widodo, Wahono and Nur, Mohamad and Agustini, Rudiana (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN “ExPRession” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING: SECARA NUMERIK DAN SECARA EKSPERIMEN. In: Seminar Nasional Pendidikan Sains 2016.
Text
7 Kartini Herlina.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Makalah ini menyajikan hasil penelitian tentang penerapan model pembelajaran “ExPRession” dalam meningkatkan kemampuan problem solving mahasiswa baik secara eksperimen maupun secara numerik. Model pembelajaran ?ExPRession” terdiri dari 5 fase pembelajaran, yaitu; orientasi, ekspresi, investigasi, solusi, dan ecaluasi. Subjek penelitian adalah 16 orang mahasiswa Pendidikan Fisika di Universitas Lampung yang sedang menempuh matakuliah optika. Kemapuan problem solving mahasiswa diamati melalui solusi tertulis mereka dalam bebagai format representasi soa dan diukur menggunakan instrumen yang dikembangkan oleh Docktor (2009) berupa rubrik penilaian untuk mengukur proses penyelesaian masalah yang diamati dalam solusi tertulis masing-masing mahasiswa. Rubrik terdiri dari kategori deskripsi (a) Useful description, (b) Physics Approach, (c) Specific Application of Physics, (d) Mathematical Procedures, dan (d) Logical Progression. Kemampuan problem solving mahasiswa dalam melakukan eksperimen diamati pada aspek a) memahami masalah, merumuskan masalah, dan merencanakan solusi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan problem solving mahasiswa baik secara numerik maupun secara eksperimen setelah penerapan model pembelajaran “ExPRession.”
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | KARTINI HE KH |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 04:27 |
Last Modified: | 17 Nov 2017 04:27 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/5810 |
Actions (login required)
View Item |