Shofa, Faila and Roslina, Roslina and Jimad, Habibullah and Fihartini, Yuniarti (2017) PELATIHAN STRATEGI MEREK, KEMASAN DAN LABELING PRODUK UMKM TAHU DAN TEMPE DI KELURAHAN GUNUNG SULAH KECAMATAN WAYHALIM KOTA BANDAR LAMPUNG. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Lampung, 4 November 2017, Bandar Lampung.

[img] Text
SEMNAS PKM 1.pdf

Download (750kB)

Abstract

PELATIHAN STRATEGI MEREK, KEMASAN DAN LABELING PRODUK UMKM TAHU DAN TEMPE DI KELURAHAN GUNUNG SULAH KECAMATAN WAYHALIM KOTA BANDAR LAMPUNG Faila Shofa1), Roslina2), Habibullah Jimad3), Yuniarti Fihartini4) 1), 2), 3), 4) Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lampung Email: 1) shofafaila@gmail.com, 2) ocha.lina77@gmail.com, 3) habibullah.jimad@gmail.com, 4) yuniartifihartini@gmail.com ABSTRAK Perencanaan dan pengelolaan pemasaran yang baik pada usaha berskala Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sangat penting agar dapat meningkatkan citra produk UMKM, meningkatnya volume penjualan serta mampu berdaya bersaing dengan industri lainnya. Akan tetapi pada kenyataannya masih banyak pelaku usaha UMKM belum memahami bagaimana strategi mencapai tujuan tersebut khususnya pada bagian meningkatkan citra produk melalui strategi merek, kemasan dan label produk. Secara khusus, tujuan diadakannya kegiatan pelatihan adalah memberikan pengetahuan dan teknik kepada pelaku UMKM tentang pemberian merek, pengemasan dan label produk yang meliputi pengetahuan tentang strategi merek, strategi kemasan, metode dan teknik pengemasan, dan label produk. Secara umum, tujuan kegiatan ini adalah membantu tercapainya tujuan usaha mereka yaitu tercapainya volume penjualan produk yang menguntungkan, kemampuan bersaing dengan pesaing lainnya baik lokal, nasional bahkan global, serta meningkatkan citra produk UMKM sehingga menarik minat beli konsumen. Metode kegiatan berupa ceramah, praktek membuat merek, kemasan dan label kemasan tahu dan tempe. Bahan kegiatan berupa modul pelatihan. Khalayak sasaran adalah para pelaku UMKM Tahu dan Tempe di kelurahan Gunung Sulah yang merupakan sentra pengrajin tahu tempe di kota Bandar Lampung. . Kata Kunci: Merek, Kemasan, Label, UMKM, Tahu, Tempe.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: Prosiding Book/CD oleh panitia pelaksana dari LPPM UNILA masih sedang dalam proses mendapatkan ISBN
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Prodi Manajemen
Depositing User: FAILA SHOF
Date Deposited: 17 Nov 2017 04:27
Last Modified: 17 Nov 2017 04:27
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/5808

Actions (login required)

View Item View Item