Diawati, Chansyanah and Liliasari, Liliasari and Setiabudi, Agus and Buchari, Buchari (2017) PENGEMBANGAN DAN VALIDASI ASESMEN KINERJA DALAM PROYEK MODIFIKASI ALAT PRAKTIKUM KIMIA INSTRUMEN. Chemistry in Education Journal, 6 (2). pp. 70-75. ISSN ISSN NO 2252-6609

[img] Text
PENGEMBANGAN DAN VALIDASI ASESMEN KINERJA DALAM.pdf - Published Version

Download (742kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi instrumen asesmen kinerja yang dirancang untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif mahasiswa calon guru kimia dalam pembelajaran berbasis proyek modifikasi alat praktikum (PBPMAP). Instrumen yang dikembangkan terdiri dari asesmen kinerja produk lembar kerja mahasiswa (LKM), serta asesmen kinerja proses ujicoba alat spektrofotometer sinar tampak (SST) dan spektrofotometer serapan atom (SSA) hasil modifikasi. Butir task disusun berdasarkan indikator keterampilan berpikir kreatif framework Torrance. Rancangan awal instrumen dikonsultasikan kepada tiga orang ahli berdasarkan tujuan pembelajaran. Instrumen kemudian divalidasi oleh tiga orang ahli di bidang pendidikan kimia. Ujicoba instrumen dilakukan pada mahasiswa tahun ketiga di Program Studi Pendidikan Kimia Provinsi Lampung (N = 35). LKM dan video rekaman ujicoba alat dari salah satu kelompok mahasiswa dinilai oleh tiga orang rater. Skor dari ketiga rater kemudian dianalisis menggunakan Two-Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi intra-kelas instrumen asesmen kinerja ini adalah memadai (ICC = 0,792). Hal ini menunjukkan bahwa instrumen reliabel dan dapat digunakan untuk mengukur kinerja keterampilan berpikir kreatif mahasiswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Dr CHANSYANAH Diawati
Date Deposited: 16 Nov 2017 07:48
Last Modified: 16 Nov 2017 07:48
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/5725

Actions (login required)

View Item View Item