Yolida, Berti and Marpaung, Rini Rita (2017) PENGEMBANGAN BUKU GURU DAN RPP IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL TINGKAT SD KELAS IV. In: Seminar nasional Pendidikan MIPA FKIP UNILA, 14 Oktober 2017, FKIP UNILA.

[img] Text
prosiding SEMNAS Berti Yolida-min.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://fkip.unila.ac.id

Abstract

Abstrak: Pengembangan Buku Guru dan Perangkat Tema IPA. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan buku guru dan perangkat RPP berbasis kearifan lokal bagi siswa tingkat SD kelas IV tema 3 dan mengetahui tanggapan guru terhadap buku guru dan RPP berbasis kearifan lokal melalui uji kepraktisan. Penelitian menggunakan metode R and D (Research and Development). Tahapan penelitian antara lain studi lapangan dan analisis kebutuhan meliputi studi pustaka, dan studi kurikulum. Selanjutnya studi pendahuluan terhadap bahan ajar dan perangkat mengajar guru, perencanaan dan pengembangan meliputi perencanaan desain bahan ajar, pembuatan desain bahan ajar (prototype), validasi ahli (pakar dan praktisi), dan revisi. Validasi ahli diujikan pda dua orang dosen dan uji praktisi pada dua orang guru Pesisir Barat. Jenis data dalam penelitian adalah data kualitatif berupa data uji ahli materi, uji ahli desain, uji ahli bahasa, dan uji kepraktisan yaitu pada guru dan siswa kelas IV di Pesisir Barat Lampung. Data dianalisi secara deskriptif persentase dan kriteria kualitas produk. Hasil uji ahli materi menunjukkan 100% sesuai standar penilaian uji materi, uji desain diperoleh kesesuaian 100% kecuali aspek kesesuaian variasi huruf yang digunakan dalam produk ada yang tidak sesuai, uji bahasa perlu perbaikan pada aspek teks dan ejaan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: BERTI YOLI Berti Yolida
Date Deposited: 16 Nov 2017 07:52
Last Modified: 16 Nov 2017 07:52
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/5626

Actions (login required)

View Item View Item