Thooriq, Naqiyya Amaniya and Indriani, Yaktiworo and Affandi, Muhammad Irfan (2025) Sikap Konsumen serta Faktor-faktor yang Memengaruhi Pola Konsumsi dan Pengeluaran Konsumen Produk Olahan Ayam Beku di Kota Metro. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 11 (1). pp. 1059-1071. ISSN 2579-8340

[img] Text
1. Article NAQIYA_YAKTIWORO.pdf

Download (899kB)
Official URL: https://jurnal.unigal.ac.id/mimbaragribisnis/artic...

Abstract

Industri olahan daging di Indonesia merupakan sektor penting yang secara signifikan berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional. Pada masa pandemi Covid-19, sektor ini mengalami penurunan. Meningkatnya produksi daging juga dipengaruhi gaya hidup masyarakat yang cenderung memilih makanan cepat saji, termasuk produk olahan daging ayam beku. Selama pandemi penjualan olahan daging ayam beku juga mengalami peningkatan yang dipengaruhi oleh pembatasan mobilitas dan meningkatnya usaha rumahan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis sikap konsumen terhadap produk olahan daging ayam beku, pola konsumsi dan faktor-faktor yang memengaruhi pengeluaran untuk olahan daging ayam beku di Kota Metro. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode survei yang melibatkan 100 sampel rumah tangga yang berasal dari seluruh kecamatan yang ada di kota Metro, di mana respondennya dipilih secara purposif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner online pada bulan Februari 2024 dan dianalisis menggunakan model Multiatribut Fishbein, analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut produk olahan daging ayam beku yang paling dipertimbangkan oleh konsumen yaitu cita rasa, kandungan gizi dan jenis produk. Pola konsumsi dipengaruhi oleh jenis produk yang sering dikonsumsi, pengeluaran konsumen untuk olahan daging ayam beku, jumlah konsumsi, tempat membeli produk, jumlah konsumsi makanan utama dalam sehari, cara pengolahan sebagai lauk dan sebagai camilan. Adapun faktor yang berpengaruh terhadap pengeluaran adalah jumlah anggota keluarga, frekuensi pembelian dan merek produk olahan ayam beku. Kata kunci: Olahan daging ayam beku, pola konsumsi, sikap konsumen

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian (FP) > Prodi Agribisnis
Depositing User: YAKTIWORO YAKTIWORO INDRIANI
Date Deposited: 19 May 2025 10:50
Last Modified: 19 May 2025 10:50
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/54570

Actions (login required)

View Item View Item